Aceh Tamiang - Humas : Seiring terus bertambahnya jumlah kasus Masyarakat yang Terkonfirmasi Positif Covid-19 di Aceh, pada hari Sabtu (27/06/20) Aceh Tamiang kembali dikabarkan adanya satu warga Terkonfirmasi Positif Covid-19 dengan inisial EW (Pr ) 28 th yang merupakan warga Kecamatan Tenggulun, sekaligus menambah daftar warga Terkonfirmasi Positif Covid-19 menjadi 7 orang.

Kabar tersebut dibenarkan oleh dr. Hardekky selaku Tim Informasi Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Aceh Tamiang. Hardekky kepada Kabag Humas Agusliayana Devita mengatakan Pasien tersebut terjaring berdasarkan Rapid Test Massal yang dilaksanakan oleh Puskesmas Simpang Kiri KecamatanTenggulun untuk para petugas dan stafnya.

" Skrinning Massal Covid-19 yang dilaksanakan Puskesmas Simpang Kiri yaitu pada tanggal 17 juni lalu, terjaring 2 orang dengan hasil reaktif, dan keduanya sudah kita lakukan uji sampel Swab", terang Hardekky menjelaskan kepada Kabag Humas Via seluler.

Hardekky selanjutnya mengatakan bahwa pada tanggal 22-23 Juni, selang beberapa hari setelah Rapid, Positif 07 ini dianjurkan untuk melakukan uji swab, dan hasil swab tersebut dikeluarkan tanggal 27 Juni oleh Balitbangkes melalui Dinas Kesehatan Aceh dengan hasil Terkonfirmasi Positif.

Kabag Humas kemudian bertanya kondisi Positif 07 tersebut, Hardekky kemudian kembali menjelaskan.

" Positif 07 ini, juga tidak menunjukkan gejala, sama seperti yang dialami oleh 6 warga Tamiang sebelumnya yang sudah terlebih dahulu dinyatakan Terkonfirmasi Positif Covid-19. EW tidak batuk dan tidak demam, kondisi fisiknya sehat dan baik", terangnya lagi.

"Kepada anggota keluarga Positif 07, juga telah kami lakukan Rapid Test pada tanggal 18 Juni, dan hasilnya Non Reaktif. Dan dalam waktu dekat ini, keluarga EW akan dilakukan uji swab juga", sebutnya.

Selanjutnya Dinas Kesehatan akan melakukan penulusuran lebih mendalam terkait riwayat perjalanan ataupun kontak fisik yang pernah dilakukan oleh Positif 07, hal ini untuk menjaring dan memutus rantai penyebaran Covid-19.

"Terhadap EW sudah kita mintakan untuk melanjutkan isolasi mandirinya dirumah, dan akan kita pantau perkembangannya", tutup Hardekky.

Dengan bertambahnya 1 orang Terkonfirmasi Positif Covid-19, maka rincian data sebaran kasus Covid-19 di Bumi Muda Sedia pada hari ini yaitu, ODP berjumlah 3 orang sementara orang yang selesai dalam pemantauan berjumlah 94. Kemudian, orang yang masih Terkonfirmasi Positif Covid-19 berjumlah 2 orang, sementara 5 orang lainnya dinyatakan sembuh Covid-19 dan untuk terkonfirmasi positif meninggal nihil.

Tidak jemu-jemunya Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang menghimbau dan kembali mengingatkan, untuk jalankan dan patuhi protokol kesehatan, sebab menjaga lebih baik dari pada mengobati. Gunakan masker, rajin cuci tangan diair yang mengalir dan hindari kerumunan adalah solusi tepat memutuskan mata rantai penyebaran Covid-19. Dengan melaksanakan dan mematuhi semua anjuran tersebut, berarti kita telah melindungi diri sendiri dan melindungi orang lain. Satu lagi yang paling penting, jangan lelah tingkatkan imunitas tubuh dengan konsumsi makanan yg sehat dan bergizi.