Aceh Tamiang - Humas : Bupati Aceh Tamiang H. Mursil, SH, M. Kn menghadiri sekaligus menjadi Narasumber dalam Rapat Kerja Universitas Samudera Langsa Tahun 2021 pada Program Kampus Merdeka yang bertemakan Mewujudkan Inovasi, Bersinergi, Kolaborasi, Menuju Unsam Berdaya Saing, Mandiri dan Jaya, Senin (01/02/21),

Topik yang diangkat oleh Bupati Mursil dalam pemaparannya di hadapan Civitas Akademis ialah tentang Peran Belajar Merdeka Dalam Pengembangan Pariwisata di Kabupaten Aceh Tamiang. Ia sampaikan saat itu, peran akedimisi kampus sangat membantu mendongkrak ekonomi kerakyatan melalui potensi pariwisata yang ada.

“Program Kampus Merdeka ini sangat bagus, hadirnya para Akademisi dan Mahasiswa yang terlibat dalam Program ini, Saya harap akan membantu kemajuan daerah, baik daerah Kota Langsa, Kabupaten Aceh Tamiang maupun Kabupaten Aceh Timur,” ungkap Bupati Mursil.

Dalam pada itu Bupati Mursil mengajak Civitas Akademisi Unsam untuk berperan dalam mengeksplor potensi yang dimiliki daerah guna menarik wisatawan lokal agar perekonomian masyarakat terbangun.

“Sinergitas dan Kolaborasi antar Para Kepala Daerah bersama Civitas Akademik harus terjalin dengan baik untuk memajukan daerah. Aceh tidak akan bisa dibangun tanpa sikap disiplin masyarakatnya,” ungkap Bupati.

Sebelumnya, acara Raker dibuka langsung oleh Rektor Unsam, Dr. Bachtiar Akob, M.Pd. Dalam sambutannya, Rektor Unsam menyampaikan bahwa kebijakan Merdeka Belajar – Kampus Merdeka mulai mengarahkan betapa pentingnya kolaborasi Perguruan Tinggi dengan Industri, Dunia Usaha dan Kerja (IDUKA).

Beliau juga menyampaikan arah kebijakan Unsam kedepan untuk menyiapkan mahasiswa unggul.

“Melalui arah kebijakan, kita akan berupaya membentuk mahasiswa yang beretika dan memiliki kemampuan serta berkarakter. Agar mahasiswa lulusan Unsam dapat dihargai oleh masyarakat,” tutur Bachtiar.

Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan Dr. Ir. Hamdani, MT, selaku Ketua Panitia juga menyampaikan laporan terkait pelaksanaan Raker Unsam Tahun 2021.

“Raker ini akan berlangsung selama dua hari, mulai tanggal 1-2 Februari 2021. Ini bertujuan merumuskan hasil evaluasi kinerja pelaksanaan program, kegiatan dan anggaran tahun 2020 dan memperoleh roadmap serta rencana aksi program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka guna peningkatan pelayanan unit teknis kegiatan,” ucap Wakil Rektor.

“Melalui Raker ini diharapakn Unsam mampu berkontribusi terhadap pembangunan SDM guna mewujudkan Indonesia maju dan unggul,” pungkasnya lagi.

Usai Pemaparan yang dilakukan oleh beberapa Kepala Daerah Aceh, diakhir acara pembukaan Rapat Kerja Unsam Tahun 2021 sekaligus dilakukan Penandatangan Pernyataan Komitmen Dukungan Walikota Langsa, Bupati Aceh Tamiang, Bupati Aceh Timur dan Dirut PTPN Kota Langsa pada Proposal Kampus Merdeka Universitas Samudra.

Lepas istirahat sholat makan (ISHOMA), Raker dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh para Wakil Rektor kepada peserta.


Selain Bupati Mursil, turut hadir sebagai Narasumber Walikota Langsa diwakili oleh Wakil Walikota Langsa, Dr. H. Marzuki Hamid, MM, Bupati Aceh Timur yang diwakilli oleh Kepala Bappeda Aceh Timur, Kahal Fajri, ST, MT dan 80 Peserta Raker Unsam yang terdiri dari Civitas Akademik Universitas Samudra Langsa.