PARA PELAJAR MESTI JADI KONSUMEN CERDAS

Bupati Aceh Tamiang, Mursil, SH., M.Kn., membuka Sosialisasi Pemberdayaan Konsumen Cerdas untuk Anak Didik, Guru dan Masyarakat Gampong Aula Sekretariat Daerah Kabupaten Aceh Tamiang, pada Rabu (06/10/19). [dok. Humas 2019] 

 

Aceh Tamiang – Humas: Bupati Aceh Tamiang, Mursil, SH., M.Kn., membuka Sosialisasi Pemberdayaan Konsumen Cerdas untuk Anak Didik, Guru dan Masyarakat Gampong, bertempat di Aula Sekretariat Daerah Kabupaten Aceh Tamiang, pada Rabu (06/10/19) sekira pukul 09.45 WIB. Sosialisasi ini digelar atas kerjasama antara Dinas Perindustrian dan Perdagangan Aceh dengan Dinas Koperasi, UKM dan Perindustrian Kabupaten Aceh Tamiang.

Dalam sambutannya, Bupati Mursil menyampaikan apresiasi terlaksananya kegiatan ini. Pasalnya, meski Undang- Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen terus digaungkan, namun bagi pelajar SLTA sederajat, ini kali pertama diselenggarakan. Dijelaskan oleh Mursil bahwa perlindungan konsumen sangatlah penting, karena kehidupan sehari-hari kita selalu berinteraksi dan bertransaksi dengan berbagai kegiatan pemanfaatan barang dan jasa.

Lebih lanjut, Mursil berharap sosialisasi ini dapat memberikan pemahaman dan edukasi kepada pelajar SLTA sebagai penerus bangsa agar cerdas memilih barang yang sesuai dengan kebutuhan dengan memperhatikan label dan baik buruknya.

“Adik-adik harus serius ikuti sosialisasi ini, karena nanti kalian akan diajarkan dan dibekali ilmu oleh narasumber, bagaimana caranya menjadi konsumen yang cerdas dan aktif,” ujar Mursil.

Dalam kesempatan itu pula, Mursil mengajak para peserta untuk menjaga kesehatan melalui makan makanan yang higienis dan menjauhi makanan yang tidak berlabel atau tidak bersertifikat halal.

“Kesehatan itu tergantung apa yang kita makan”, pesan Bupati.

Dijelaskan olehnya, di negara-negara maju, perlindungan konsumen sangat terlindungi haknya, sehingga konsumen merasa lebih yakin dalam mengkonsumsi suatu produk.

Sebelumnya Kepala Dinas Koperasi, UKM dan Perindustrian yang diwakili oleh Kepala Bidang Perdagangan, Citra Dewi, melaporkan, kegiatan ini berlangsung selama 2 (dua) hari yang dimulai pada hari, Rabu s.d. besok, Kamis, 07 November mendatang. Kegiatan diikuti oleh anak didik SLTA yang berasal dari sekolah dalam Kabupaten Aceh Tamiang. Panitia pelaksana menghadirkan narasumber dari Banda Aceh yakni Rosalia Indah, selaku Kasie Pemberdayaan Konsumen pada Dinas Perindustrian dan Perdagangan Aceh. Hadir dalam kegiatan tersebut Asisten Ekonomi dan Pembangunan, Abdullah, sejumlah Kepala OPD terkait dan para Camat, dalam Kabupaten Aceh Tamiang. [des]


Cetak   E-mail