LANTIK 50 DATOK PENGHULU, WABUP: WUJUDKAN MASYARAKAT SEJAHTERA

Wakil Bupati, Tengku Insyafuddin, ST., memasang tanda pangkat dan tanda jabatan Datok Penghulu, dalam Acara Pelantikan 50 Datok Penghulu se-Kabupaten Aceh Tamiang, Rabu (03/10/19), di Tribun Halaman Upacara Kantor Bupati Aceh Tamiang. [dok. Humas 2019]

 

Aceh Tamiang – Humas: Sebanyak 50 (lima puluh) Datok Penghulu terpilih di 12 (dua belas) Kecamatan dalam Kabupaten Aceh Tamiang resmi dilantik oleh Wakil Bupati, Tengku Insyafuddin, ST., hari ini, Rabu (03/10/19). Acara dimulai sekira pukul 10.00 WIB bertempat di Tribun Halaman Upacara Kantor Bupati Aceh Tamiang.

Pelantikan ini berdasarkan Surat Keputusan Bupati Aceh Tamiang tentang Pemberhentian Penjabat dan Pengesahan Pengangkatan Para Datok Penghulu dalam Kabupaten Aceh Tamiang dan ditandai dengan prosesi pengambilan sumpah Jabatan serta Penandatangan Naskah Pelantikan yang dipimpin langsung oleh Wabup dan didampingi Pengukuh Sumpah.

Mengawali sambutannya, Wabup Insyafuddin, mengucapakan Selamat kepada para Datok Penghulu terpilih atas pelantikan dan pengambilan sumpah jabatannya. Wabup menjelaskan, bahwa Datok Penghulu berkewajiban untuk memimpin Kampung sekaligus berfungsi sebagai Pimpinan Pemerintah Kampung yang mengatur dan mengurusi urusan pemerintahan dan urusan masyarakat.

“Datok Penghulu terpilih dan Datok Penghulu yang hadir pada hari ini, Kalian memikul tugas tanggung jawab yang besar dalam mewujudkan masyarakat kampung yang sejahtera, adil dan makmur”, ungkap Wabup

Dijelaskan, untuk mewujudkan tata kelola kampung yang demokratis dan berkeadilan sosial, Datok Penghulu harus mampu mengajak masyarakat kampung menyelenggarakan pembangunan kampung untuk mewujudkan peningkatan kualitas hidup, kesejahteraan dan penanggulangan kemiskinan. Wabup juga mengingatkan, bahwa dalam menjalankan tugas, nantinya jangan hanya melayani pada sekelompok orang saja, namun seluruh warga kampung masing-masing.

“Kepada para Datok Penghulu yang telah dilantik, saya ingatkan, dalam menjalankan tugas, nantinya jangan hanya melayani pada sekelompok orang saja Karena hari ini semua masyarakat kampung menjadi tanggung jawab saudara,” demikian disampaikan Wabup.

Turut hadir dalam pelantikan tersebut Unsur Forkompimda Aceh Tamiang, Para Kepala SKPK dalam Kabupaten Aceh Tamiang, Ketua TP-PKK Kabupaten Aceh Tamiang  berserta Anggota pengurus TP-PKK Kabupaten Aceh Tamiang, Para Camat dan Unsur Forkompimcam se-Aceh Tamiang, para Kepala Mukim dan Datok Penghulu, serta Ketua MDSK se-Kabupaten, para Ketua P2DP dalam Kabupaten Aceh Tamiang, dan Para Ketua TP-PKK Kampung. [des]

 

 

 

 

 


Cetak   E-mail