Suasana bincang santai pada penyambutan kunjungan kerja Kepala BIN Daerah Aceh, Brigjen TNI M. Abduh Ras, Jumat (22/10), di ruang kerja Bupati Aceh Tamiang. [dok. Humas 2021] 

 

Aceh Tamiang – Humas: Sejumlah Pejabat Tinggi baik Pemerintah Pusat dan Pemerintah Aceh telah berkunjung ke Aceh Tamiang meninjau langsung percepatan vaksinasi. Hari ini pada Jum’at (22/10), Kepala Badan Intelijen Negara Daerah (Kabinda) berkunjung ke Bumi Muda Sedia dengan agenda serupa.

Kedatangan Kabinda Aceh, Brigjen TNI M. Abduh Ras di Ruang Kerja Bupati disambut dengan hangat. Dalam bincang-bincang ringan keduanya, Mursil menceritakan keadaan Bumi Muda Sedia, mulai dari heterogenitas masyarakat, potensi konflik SARA yang nihil, sampai dengan potensi alam dari hulu hingga hilir.

Masuk pada topik khusus vaksinasi, sesuai dengan maksud kedatangan Kabinda, Bupati Mursil menyampaikan kondisi terkini proses percepatan vaksinasi Covid-19.

“Di Aceh Tamiang sendiri proses vaksinasi dilakukan dalam 3 gelombang, dimulai dari tenaga kesehatan sebagai garda terdepan, aparatur dan masyarakat umum, serta anak usia sekolah (SMA/K, SMP, MA/Dayah/Pesantren)”, terangnya mengawali perbincangan mengenai proses vaksinasi.

Untuk proses vaksinasi pada klaster perkebunan, disebutkan Pemkab telah bekerjasama dengan GAPKI (Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia), dan dinilai progresnya sangat baik sekali.

Selain menceritakan proses dan progresnya, Mursil juga menyampaikan kendala yang muncul. Kurangnya stok vaksin dan dokter sebagai tenaga skrining menjadi salah satu faktor terhambatnya kegiatan vaksinasi di Aceh Tamiang.

“Namun berbagai upaya telah kami lakukan, terutama agar stok vaksin terus tersedia. Saya dibantu Kapolres dan Dandim terus melaporkan ke provinsi untuk menjaga ketersediaan vaksin Covid-19”, ungkapnya.

Menanggapi apa yang disampaikan Bupati Mursil, Kabinda memberikan apresiasi kepada Pemkab Aceh Tamiang. Informasi yang didapat mengenai capaian persentase jumlah orang yang sudah tervaksin, dikatakannya capaiannya di Aceh Tamiang sudah tinggi, namun menurutnya target yang mesti dikejar khusus pada persentase capaian vaksinasi usia sekolah (remaja) di Aceh yang masih dalam angka 3% dari jumlah 500 ribuan remaja usia sekolah. 

“Saya Apresiasi, Aceh Tamiang capaiannya sudah tinggi. Namun untuk kategori remaja usia sekolah, persentase capaiaannya masih kecil sekali. Mari kita kejar target ini, agar anak-anak cepat kembali sekolah tatap muka 100%”, pinta Kabinda.

Direncanakan peninjauan langsung percepatan vaksinasi bagi remaja usia sekolah akan dilaksanakan besok. Dalam kunjungannya, Kabinda bersama Sekda Asra akan meninjau 2  lokasi sekaligus dalam Kecamatan Manyak Payed. Kedua lokasi tersebut adalah Dayah Ibdaul Islam, Kp. Paya Ketenggar dan Kp. Lhok Medang Ara. []