Suasana peringatan Maulid Nabi Muhammad Saw, 12 Rabiul Awal 1443 H di Mesjid Darussalam, Rabu (20/10), Kp. Simpang Empat, Karang Baru. [dok. Humas 2021]

 

Aceh Tamiang – Humas: 12 Rabiul Awal adalah hari raya peringatan lahirnya Nabi Muhammad SAW atau lebih sering diperingati sebagai Maulid Nabi. Seluruh umat Muslim turut memperingati hari ini, tak terkecuali masyarakat Kampung Simpang Empat, Kecamatan Karang Baru pada Rabu (20/10). Peringatan yang dilaksanakan di Masjid Darussalam Kampung Simpang Empat ini juga mengundang Bupati Aceh Tamiang, H. Mursil, SH, M.Kn.

Mursil juga mengatakan peringatan Maulid Nabi sebagai momen menggugah hati para umat Muslim, untuk mengenang perjuangan Nabi Muhammad SAW. Acara besar seperti ini hendaknya diikuti seluruh rangkaiannya bukan hanya sekedar datang mengantar kenduri.

“Semoga dengan diadakannya Maulid di Masjid yang belum selesai pembangunannya ini, dapat membuat lebih semangat lagi para hadirin untuk menyelesaikan pembangunan Masjid ini. Dan jika sudah selesai, jangan sampai kosong. Mari sama-sama kita makmurkan Masjid di setiap waktu”, ucap Mursil.

Peringatan Maulid Nabi diisi dengan ceramah Islamiyah yang disampaikan oleh Tgk. Mukhtar Ibrahim (Abati Aramiah). Mengawali dakwahnya, Ia menyampaikan perihal kondisi masa saat Rasul dilahirkan dan orang yang dekat dengan Rasul kelak diakhirat.

“Kata Rasul, orang yang dekat denganku kelak ialah orang yang berakhlak, yaitu orang yang mau memaafkan orang yang telah mendzaliminya dan orang yang Tawaddu’ dengan Allah dan segala makhluk”, tutur Abati.

“Islam mengatur semua aspek dalam kehidupan kita agar menjadi lebih baik. Jika kita ingin diri, keluarga dan bangsa kita menjadi baik maka jalankanlah apa yg diperintahkan Allah dan jauhi larangannya dengan menegakkan amar ma'ruf nahi munkar. Begitu banyak sifat-sifat Rasulullah yang dapat menjadi suri tauladan bagi kita”, jelas Abati dalam dakwahnya.

Di kesempatan yang sama, Mursil memberi apresiasi kepada masyarakat, panitia dan donatur pembangunan setelah melihat perkembangan pembangunan Masjid yang luar biasa. “Semoga pembangunan Masjid Darussalam ini segera selesai dan dapat dimanfaatkan oleh semua umat Muslim,” demikian ia berharap.

Peringatan Maulid Nabi juga dihadiri Wakil Ketua DPRK Aceh Tamiang, Fadlon, Kapolsek Karang Baru, AKP Yozana Fajri Sidik, tokoh masyarakat dan masyarakat setempat.[]