Aceh Tamiang – Humas: Kampung Bundar Kecamatan Karang Baru menjadi yang terbaik di ajang penilaian Lomba Kampung Tingkat Kabupaten tahun 2021. Penghargaan atas ini diserahkan Wakil Bupati Aceh Tamiang, Tengku Insyafuddin, ST, kepada Datok Penghulu (Kepala Desa -red) Bundar, Almahdar, Jumat (10/9/21) pagi sekira pukul 10.00 WIB di Kantor Camat Karang Baru.

Menyampaikan amanat Bupati, Wabup Insyafuddin, sebelum menyerahkan penghargaan menyebutkan Lomba Kampung ialah indikator untuk menilai dan mengevaluasi kinerja pemerintah kampung yang telah berjalan selama ini.

“Perlombaan Kampung merupakan salah satu indikator untuk mengevaluasi sejauh mana perkembangan kegiatan dan kinerja di tingkat Kampung, sehingga apa yang menjadi tuntutan dan harapan Pemerintah serta masyarakat hendaknya dapat terealisasi dengan baik,” sebutnya.

Dalam pada itu, Wabup juga berpesan kepada seluruh Datok Penghulu dan aparatur kampung supaya dapat mendayagunakan potensi yang ada untuk memajukan kampungnya masing-masing.

“Melalui potensi yang ada, baik Sumber Daya Alam (SDA) dan Sumber Daya Manusia (SDM) yang dimiliki Bumi Muda Sedia yang kita cintai ini, dapat bangkit dan memacu ketertinggalan dengan daerah lain,” tambah Wabup.

Dijelaskan, perlombaan yang digelar tersebut merupakan upaya untuk memotivasi perangkat kampung dalam mendorong akselerasi sistem penyelenggaraan Pemerintahan, pembangunan dan pengembangan Kampung sehingga Kecamatan dan Kampung dapat mandiri dan progresif.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung, Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (DPMKPPKB), Mix Donal pada laporannya menjelaskan aspek-aspek yang diangkat dalam penilaian tersebut.

“Dalam melakukan pemilihan kampung terbaik, tim kami (DPMKPPKB –red) menilai terhadap tiga aspek, yakni dari aspek administrasi, pelayanan maupun mengalokasian ADD. Saya harap dengan adanya ajang ini mampu memotivasi para Datok Penghulu lain untuk saling berlomba membangun kampungnya mencapai titik terbaik”, ujar Mix.

Berdasarkan hasil penilaian tim, Juara Pertama diperoleh Kampung Bundar, Kecamatan Karang Baru dengan perolehan nilai sebesar 569, Juara Kedua diraih oleh Kampung Alur Selebu, Kec. Kejuruan Muda dengan nilai 559 dan Juara Ketiga diraih oleh Kampung Paya Bedi Kec. Rantau dengan nilai 558. Kepada ketiga kampung tersebut diberikan hadiah berupa piagam penghargaan, plakat dan uang pembinaan.

Kepada kampung yang menjadi pemenang, atas nama Pemerintah Daerah, Wabup Insyafuddin turut menyampaikan apresiasi, sementara kepada kampung lainnya, ia meminta agar penghargaan ini bisa dijadikan pemacu motivasi guna meraih prestasi.

“Selamat Kami ucapkan kepada para Pemenang Perlombaan Kampung tingkat Kabupaten. Semoga Sukses, dan bisa menjadi pemacu semangat dan motivasi bagi Kampung lain, untuk dapat berinovasi dan berkinerja lebih baik lagi”, imbuhnya. []