Aceh Tamiang - Humas : Wakil Bupati Aceh Tamiang H. T. Insyafuddin, ST membuka Pelatihan Berbasis Kompetensi Program Skill Development Center (SDC) bersumber dari Dana Otsus Tahun 2021 Kabupaten Aceh Tamiang. Pembukaan pelatihan bertempat di Aula Setdakab Aceh Tamiang, pukul 10.50 wib pada Kamis (24/06/21).

Membacakan sambutan Bupati Aceh Tamiang, dalam arahannya Wabup Insyafuddin mengatakan dilaksanakan program kompetensi ini untuk membangun sarana keterampilan bagi pengembangan keterampilan masyarakat pencari kerja dalam memperoleh pengetahuan dan keahlian sebagai modal dasar.

"Saya ingin mengkoreksi sedikit, janganlah kita mempunyai mindset menjadi pencari kerja tetapi, kita harus merubah mindset menjadi orang yang akan membuka lapangan pekerjaan. Misalkan kita ikut pelatihan service hp di Medan, kemudian kita buka usaha dan kita mempekerjakan orang banyak di tempat usaha kita", ungkap Wabup mencontohkan sembari memotivasi.

"Maka dari itu, ubah mindset, harus berani dan bekerja keras. Namun begitu, tidak lupa ada satu hal yang lebih penting dari keberanian dan bekerja keras yaitu bekal agama untuk diri sendiri," pesannya.

Wabup Insyafuddin kemudian berkisah dihadapan para peserta tentang seorang ahli perbaikan pipa air yang memperbaiki pipa satu rumah mewah di Jerman. Singkat cerita, seminggu kemudian, sang ahli menelpon pemilik rumah dan menanyakan kondisi pipa yang diperbaikinya. Atas prilakunya ini, si pemilik rumah terkejut dengan pertanyaan sang ahli. Karena merasa puas dan terpedulikan oleh sikap sang ahli, pemilik rumah memanggilnya untuk bekerja di salah satu perusahaan yang ia miliki. Inti yang mau sampaikan kepada kalian ialah, karena kepedulian tukang pipa itu untuk menanyai kembali hasil kerjanya menjadikan inspirasi bagi pemilik perusahaan tersebut untuk memberikan kepuasan kepada pelanggannya.

"Kisah ini mengajarkan kita, pertanyaan dan perhatian kecil yang kita berikan kepada pelanggan memberikan dampak besar. Dan hal tersebut hingga kini digunakan oleh perusahaan-perusahaan, jadikan cerita ini sebagai motivasi kalian, agar kedepannya jika memiliki usaha mandiri dapat menerapkan hal tersebut hingga memperikan kepuasan kepada konsumen," jelasnya.

Akhirnya Wabup berpesan kepada para peserta agar tetap semangat mengikuti pelatihan dan dapat memanfaatkan kesempatan untuk diimplementasikan setelah pelatihan selesai.

Seperti yang dilaporkan oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Ir. M. Zein, Pelatihan kali ini membuka 4 (empat) bidang pelatihan kompetensi yaitu pelatihan servis sepeda motor injeksi, komputer, service hp dan barista, dengan jumlah pesertayang ikut 135 (seratus tiga puluh lima) orang. Untuk lamanya pelatihan, akan berlangsung selama 35 (tiga puluh lima) hari, yang dibagi dalam 4 (empat) lokasi yaitu SMK Negeri 1 dan SMK Negeri 2 Karang Baru, SMK Negeri 1 Kualasimpang dan SMK Negeri 1 Bendahara.

"Saya dan Kami semua berharap agar para peserta dapat mengikuti pelatihan ini dengan serius dan sungguh-sungguh. Nantinya selesai pelatihan ini, Kami akan mengarahkan para peserta untuk membuka usaha mandiri atau ke perusahaan-perusahaan. Semoga setelah pelatihan ini para peserta mampu meningkatkan keterampilannya, tidak hanya sebatas pelatihan ini saja namun gali terus potensi diri," ujar M. zein.

Acara dilanjutkan denhan penyematan tanda peserta pelatihan dan penyerahan alat tulis oleh Wakil Bupati Aceh Tamiang.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala SKPK terkait, Kepala Dinas Pendidikan Aceh Cabang Aceh Tamiang, Para Kepala SMK Negeri se- Kabupaten Aceh Tamiang, para peserta pelatihan dan tamu undangan lainnya.