Aceh Tamiang - Humas : Wakil Bupati Aceh Tamiang, H. Tengku Insyafuddin, ST didampingi Forkopimda, mengikuti Rakor Kepala Daerah Seluruh Indonesia secara virtual diruang Rapat Bupati, Senin (17/5/2021). Rakor tersebut membahas tentang Penanganan Kasus Aktif Covid-19 dan Pos Penyekatan diberbagai wilayah perbatasan di Indonesia.

Rapat Koordinasi tersebut diawali dengan sambutan dari Mendagri M. Tito Karnavian. Ia mengatakan bahwa penyebaran Covid-19 secara glonal tidak dapat terbendung, bahkan Negara yang biasanya bisa mengendalikan penyebaran Covid-19, kali ini tidak bisa dibendung. Disampaikan juga olehnya, beberapa cara yang diterapkan oleh Pemerintah seperti pemberlakuan PSBB dirasa cukup efektif menurunkan angka kasus aktif Covid-19.

Usai memberikan sambutan sebagai awal pembuka rapat, acara dilanjutkan dengan penyampaian arahan langsung dari Presiden Republik Indonesia Joko Widodo. Pertama kalinya, Ia memberikan ucapan selamat Hari Raya Idul fitri. Beliau kemudian mengingatkan, bahwa masyarakat Indonesia harus berhati-hati dan waspada pasca Lebaran.

“Kita harus hati-hati betul, waspada betul-betul, karena potensi jumlah kasus aktif Covid-19 terus meningkat, meski sudah kita keluarkan larangan mudik,” ungkap Jokowi.

Secara virtual, Ia menampilkan data bahwa sebanyak 1,5 juta orang berkeinginan untuk melakukan mudik dengan hasil survey dan jumlah pemudik 33% berkeinginan mudik kekampung halaman. Pada saat ada larangan, keinginan mudik turun menjadi 11%, kemudian setelah adanya sosialisasi turun menjadi 7%. Sementara itu, ketika diberlakukan pengetatan berkurang menjadi 1,1%.

“Kelihatannya 1,1% itu sedikit, tapi kalau di jadikan perorangan menjadi 1,4 juta orang,”imbuhnya.

Masih dalam arahannya, Jokowi berharap kasus aktifnya tidak sebesar pada tahun lalu, walau sebenarnya sudah terjadi penurunan kasus aktif dengan persentase 48,6% dari periode puncak. Dikatakan juga olehnya, sebanyak 15 (lima belas) Provinsi dalam Wilayah Indonesia harus waspada dengan lonjakan kasus aktif Covid-19. Ke lima belas provinsi tersebut yaitu Aceh, Sumut, Sumbar, Riau, jambi, Babel, DKI Jakarta, Maluku, Banten, NTB, Malut, Kalteng, Sulteng, Sulsel, dan Gorontalo.

Selain Wabup dan Unsur Forkopimda yang terdiri dari Kapolres Ari Lasta Irwan dan Dandim 0117/Atam Ysusf Adi Puruhita, Vidcon ini juga diikuti Sekretaris Daerah Kabupaten Tamiang Asra, Asisten Ekonomi dan Pembangunan Abdullah dan asisten Administrasi Umum adi Dharma.