Aceh Tamiang - Humas : Pada Senin (22/2/21) Plt. Sekretaris Daerah Aceh Tamiang, Drs. Abdullah menghadiri Rapat Kerja IAIN Langsa Tahun 2021. Pelaksanaan Raker ini berlangsung pada pukul 09.35 Wib di Auditorium IAIN Langsa dengan mengusung Tema "Peningkatan Kualitas Layanan Menuju Akreditasi Unggul”.

Pada kesempatan ini, Plt. Sekretaris Daerah Drs. Abdullah memberikan sedikit pandangan dan dukungan terkait perubahan arah IAIN menjadi UIN demi kemajuan pendidikan.

“Akan ada banyak keunggulan yang akan diperoleh oleh kampus ini jika dapat merubah arah kebijakan IAIN Langsa Menjadi UIN Langsa. Peningkatan sarana dan prasana pendidikan sudah tentu akan lebih lengkap dan ini tentunya akan mendukung nilai plus mutu pendidikan khususnya dibidang agamanya sesuai dengan citra diri IAIN Langsa yang merupakan Lembaga Pendidikan Agama Islam Negeri secara organisasi”. Semoga capaian ini akan berhasil dalam waktu dekat," Ujar Sekda.

Lebih lanjut, Drs. Abdullah turut memaparkan capaian kinerja dan prestasi yang ditoreh Kabupaten Aceh Tamiang dimasa Pandemi Covid- 19 dalam bidang pendidikan.

“Ditengah pandemi ini, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Aceh Tamiang sudah membuat terobosan “home visit”. Cara kerja program ini dengan seorang guru mengumpulkan siswa/i di mushalla, kemudian dilakukan konsultasi belajar. Selain itu kami telah meluncurkan Aplikasi Tamiang pande yang saat ini sudah dapat diakses oleh masyarakat," ungkapnya menginformasikan.

Disisi lain, Plt. Sekda Aceh Tamiang juga mengungkapkan Prestasi keuangan daerah sejak tahun 2008 hingga 2013 yang mendapatkan predikat WTP dan di tahun 2014 - 2019 kembali mendapatkan kembali predikat WTP sampai dengan saat ini, dan lanjutnya di 2 (dua) tahun berturut turut mendapat predikat ke- 2(dua) diIndonesia dan pertama di Aceh. Capaian kinerja dan prestasi ini tidak terlepas dari profesioanalisme kerja keras, kreatif dan Inovatif.

Diakhir paparannya beliau mengatakan komitmen pimpinan dan SDM adalah kunci percepatan capaian peralihan IAIN menjadi UIN Langsa.

“Untuk Merubah IAIN menjadi UIN Kuncinya yakni Pimpinan harus memiliki komitmen dan keberhasilan yang disertai dengan SDM yang handal dan juga Sistem informasi yang jelas. Mudah-mudahan paparan yang disampaikan dapat menjadi bahan masukan, guna percapatan peralihan IAIN menjadi UIN,"harapnya".

Acara pembukaan Rapat Kerja Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Langsa tahun 2021 dibuka oleh Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Langsa Dr. H. Basri. Dalam sambutannya Beliau menyampaikan bahwa acara rapat kerja berarti penting dalam merumuskan berbagai kegiatan yang ada di IAIN Langsa, dan untuk mendiskusikan segala hal yang menyangkut dengan pengembangan IAIN Langsa dalam menyelesaikan segala isu, serta menjadikan rapat kerja sebagai forum silaturrahmi.

“Mari kita merenungkan secara sejuk, berpikir sejalan dengan berzikir, berzikir harus melahirkan buah pikiran, dengan demikian kita bisa melahirkan berbagai inspirasi yang mampu merespon tuntutan dan kepentingan perguruan tinggi," imbuh Rektor.

Usai paparan yang dilakukan oleh beberapa Kepala Daerah Aceh, diakhir acara pembukaan Rapat Kerja IAIN Langsa Tahun 2021 dilakukan penandatanganan Nota Kesepahaman Penyelenggaraan Pengembangan SDM, Pendidikan dan Pelatihan , Fasilitas Infrastruktur Sarana dan Prasarana Kampus, Pembinaan masyarakat dan penyusunan Qanun Daerah antara IAIN Langsa dan Kabupaten Aceh Tamiang, Aceh Timur serta Kota Langsa.

Raker ini juga turut dihadiri oleh Wakil Walikota Langsa Dr. Marzuki Hamid, Staf Ahli Bupati Aceh Timur Dr. Darmawan M.Ali, MISD, Rektor IAIN Langsa, Dr. Basri, MA, dan Para Pejabat di Lingkungan IAIN Langsa.