Aceh Tamiang - Humas : Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang mengikuti Launching Apkasi (Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia) Otonomi Expo 2021 Trade, Tourism and Invesment dengan mengusung tema Daerah Bangkit, Indonesia Maju. Kegiatan ini serentak dilaksanakan di seluruh Indonesia secara virtual melalui zoom meeting dan Pemkab sendiri melangsungkan giat ini bertempat di Ruang Rapat Bupati Aceh Tamiang pada Rabu (18/11/20).

Disaksikan secara virtual, launching Apkasi dibuka dan dipimpin langsung oleh Bupati Banyuwangi. Dalam giat ini, seluruh unsur dinas terkait seperti DPMPTSP, Dinas Perindustrian, Koperasi dan UKM, dan Disparpora diseluruh Indonesia ikut hadir dan menyaksikan launching ini.

Sebagai pengantar, dalam laporannya Direktur Eksekutif Apkasi Sarman Simanjorang mengatakan bahwa sejauh ini Apkasi Otonomi Expo telah dilaksanakan sebanyak 15 kali sejak Apkasi berdiri sejak 2001.

"Alhamdulillah kegiatan ini terus memberikan manfaat bagi Apkasi sehingga terjadi peningkatan ekonomi di daerah-daerah. Namun hal berbeda terjadi pada tahun ini untuk menghindari Covid-19 maka pelaksanakaan Apkasi Expo yang direncanakan akan dilaksanakan pada Juli Tahun 2020 ditunda dan kembali akan dilaksanakan pada Juli 2021 yang direncanakan akan berlangsung selama 2 (dua) hari yakni mulai tanggal 7 hingga 9 Juli 2021 mendatang. Bagi daerah yang ingin berpartisipasi dapat langsung mendaftar secara online, " jelasnya.

Sementara arahan dan pembukaan kegiatan disampaikan oleh Ketua Umum Apkasi yang juga sebagai Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, S.Pd, S.S,M.Si. Ia menghimbau agar daerah dapat memanfaatkan momentum Apkasi Otonomi Expo ini dengan sebaik-baiknya dengan menampilkan produk-produk didaerahnya. Tentunya target kita pasca Covid-19 ini dapat menciptakan 10 ribu lapangan pekerjaan dan tentunya kita harus optimis.

Dalam kesempatan tersebut ia juga sedikit mengulas tentang Banyuwangi yang terpilih menjadi peringkat 1 (satu) Kabupaten/kota dengan kinerja terbaik di indonesia.

"Tentunya kami terus bergerak agar ekonomi di daerah meningkat, kalau Banyuwangi bisa pasti daerah lainnya juga bisa, mari kita bangkit bersama, selamat berjuang bersama melawan Covid-19 agar Indonesia kembali sehat dan dapat beraktivitas seperti sedia kala, " tuturnya.

"Harapan saya agar didaerah dapat menjaga protkes didaerah wisata maupun tempat makan dan tempat keramaian. Sehingga para turis atau pendatang merasa nyaman berkunjung ke daerah kita," harapnya.

Acara dilanjutkan dengan sesi dialog dan tanya jawab dari dinas terkait.