Aceh Tamiang – Humas : Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Aceh Tamiang dibawah kepemimpinan Drs. Sepriyanto membuat sebuah terobosan baru yaitu Dukcapil Sapa Warga yang telah launching pada 18 September lalu. Dukcapil Sapa Warga tampaknya berjalan sukses, dibuktikan dengan meningkatnya minat warga untuk bergabung dalam satu wadah jaringan yang bisa menampung masukan, saran ataupun yang bersifat pengaduan mengenai administrasi kependudukan.

Secara nyata, Kadis Dukcapil bersama seluruh timnya sudah kali ketiga membuat talkshow bertemakan “Tertib Tuntas Adminduk dan Pemanfaatan Data Kependudukan. Tidak main-main, Talkshow secara live streaming melalui kanal youtube dan facebook Disduk Capil Aceh Tamiang mengundang narasumber ternama yaitu Bupati Aceh Tamiang H. Mursil, SH, M. Kn dan Prof. DR. Zudan Arif Fakhrulloh, SH, MH sebagai Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri RI pada Jum'at (16/10/20) bertempat di Aula Setdakab Aceh Tamiang.

Acara Talkshow secara virtual dipandu langsung oleh Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Drs. Sepriyanto. Saat memulai acara ia sampaikan Program Dukcapil Sapa Warga ini merupakan sebuah inovasi yang bertujuan memberikan pelayanan prima kepada masyarakat dengan membuat program online.

“Dukcapil Sapa Warga memudahkan masyarakay untuk tertib Adminduk, dengan program ini, warga dapat mencetak sendiri data yang diperlukan seperti Kartu Keluarga, Akte dan lain sebagainya, dan tidak perlu takut apabila dokumen hilang, maka dapat di cetak ulang”, terang Sepriyanto sebagai pengantar.

Dalam Live Streaming, Bupati Mursil sangat berterima kasih kepada Bapak Dirjen Dukcapil yang bersedia bertatap muka bersama Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang dan kepada Kadis Mursil memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas terselenggaranya Talkshow ini.

“Mudah-mudahan kegiatan seperti ini dapat terus dilakukan demi tercapainya target yang ingin dicapai. Tentunya saya sangat berharap seluruh data masyarakat di Aceh Tamiang dapat terekam di Dukcapil, sehingga dapat memudahkan apabila ada perubahan data dapat langsung terupgrade di data base dukcapil. Tentunya saya sangat mengapresiasi kinerja dari Kadis Dukcapil beserta anggotanya yang bekerja 1 (satu) minggu penuh guna menuntaskan data kependudukan di Aceh Tamiang,” terang Mursil.

Ia juga mengatakan saat ini untuk Kabupaten Aceh Tamiang sudah masuk di atas rata-rata Nasional. Untuk itu, ia terus menghimbau kepada Camat dan Datok Penghulu untuk mengajak warganya mendatakan dirinya dan keluarga ke Disdukcapil.

“Saya juga melaporkan bahwa, Dukcapil juga mengaktifkan PRK (Petugas Registrasi Kampung) yang mana mekanisme kerjanya yaitu para petugas door to door mendata masyarakat di Kampung masing-masing, hal ini berguna memudahkan masyarakat yang kesulitan mengurus langung ke Kabupaten. untuk itu, saya juga meminta kesediaan Bapak Dirjen untuk memperhatikan PRK-PRK yang ada disini agar mereka bekerja lebih semangat”, harap Bupati Mursil.


Sesi Dialog dilanjutkan bersama Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemendagri RI Prof. DR. Zudan Arif Fakrulloh, SH, MH, dalam kesempatan tersebut mengucapkan terima kasih kepada Kabupaten aceh Tamiang dan tentunya memberi dukungan penuh kepada Aceh Tamiang.

“Semoga apa yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang ini dapat menularkan ke Kabupaten/Kota lainnya yang ada di Aceh, sehingga data kependudukan menjadi akurat dan tertib. Dan tentunya diharapkan dapat menularkan semangat ke 514 Walikota/Bupati lainnya untuk dapat meningkatkan pelayanan ke masyarakat

Iapun melanjutkan bincangnya. Bahwa Ia sangat mengapresiasi dialog seperti ini karena tentunya banyak membantu menyelesaikan persoalan terkait data di masyarakat. Sedangkan terkait dokumen, ia mengatakan akan mendukung pemasokan blangko di Aceh jangan sampai terjadi kekurangan.

“Tentunya dengan inisiatif Bupati dalam program ini, Menteri Dalam Negeri berkenan memberikan hadiah kepada Aceh Tamiang berupa Anjungan Dukcapil Mandiri. Untuk itu, diminta untuk menyiapkan tempat untuk anjungan ini nantinya ,” ujarnya disambut gembira oleh Bupati Mursil dan jajarannya.

“Terus perbaiki diri, berikan layanan terbaik kepada masyarakat, dengan kemudahan yang diberikan kepada masyarakat dengan dapat mencetak sendiri data yang diinginkan maka akan memudahkan masyarakat. Atas inovasi yang inilah Kementrian memberikan penghargaan sebagai bentuk apresiasi kepada Pemkab Aceh Tamiang dan jajarannya,” terangnya lagi

Selanjutnya, Kepala Dinas Registrasi Kependudukan Aceh dalam kesempatan tersebut juga turut mengapresiasi kepada Dukcapil Aceh Tamiang yang telah beberapa kali menggelar Dukcapil Sapa Warga tersebut.

Ia mengatakan hal ini dapat menjadi program yang baik untuk mencapai target kepemilikan dokumen, dan tentunya sangat mendukung dan mensupport dalam hal melengkapi blangko.

“PRK yang diinisiasi oleh Dukcapil sangat luar biasa dan alhamdulillah untuk Aceh Tamiang PRK ini sangat membantu pekerjaan Dukcapil. Peran dan fungsi PRK dapat menjadi garda terdepan Dukcapil dalam melengkapi dokumen di masyarakat dan diharapkan hal ini dapat menjadi motivasi kabupaten/kota lainnya untuk memperbaiki sistem pelayanan di Disdukcapil,” ujarnya.

Usai para tokoh tersebut menyampaikan arahan dan sambutannya, masuk keacara puncaknya yaitu sesi dialog bersama masyarakat melalui Aplikasi Zoom Meeting. Sebagai bentuk Apresiasi Dukcapil Aceh Tamiang, kepada pemenang yang memberikan masukan dan saran yang bagus mendapatkan hadiah hiburan yaitu Smartphone. Sebanyak 180 (seratus delapan puluh) orang join di Aplikasi ini.