Bupati Aceh Tamiang, Mursil, SH, M.Kn, menerima penghargaan Serambi Awards tahun 2022 dari grup media Serambi Indonesia. Acara penganugerahan dihelat Jumat (11/3/2022) malam di Anjong Mon Mata, Komplek Meuligo Gubernur Aceh, Banda Aceh. [dok. Humas 2022] 

 

Banda Aceh – Humas: Usai menerima Opini WTP atas LKPD Kabupaten Aceh Tamiang TA. 2021, Jumat (11/3/22) malam tadi, Bupati Mursil menerima penghargaan Serambi Awards tahun 2022 dari grup media Serambi Indonesia. Acara penganugerahan dihelat di Anjong Mon Mata, Komplek Meuligo Gubernur Aceh, Banda Aceh.

Penghargaan yang diterima Bupati Mursil diserahkan oleh Pemred Harian Serambi Indonesia, Bukhari M. Ali, bersamaan dengan sejumlah kepala daerah lain dan rektor perguruan tinggi ternama di Aceh. Ada pun kategori penghargaan yang diterima ialah, Penggagas Ide Kreatif Sistem Pembelajaran.

Atas penghargaan yang diterimanya semalam, Bupati Mursil mengucapkan apresiasi dan rasa syukurnya.

“Alhamdulillah, malam ini kita kembali menerima anugerah Serambi Awards. Terima kasih kepada Serambi Indonesia yang telah memberikan penghargaan ini. Kami akan terus bekerja untuk mewujudkan Aceh Tamiang yang bermutu,” ujar Bupati.  

Adalah aplikasi pembelajaran secara elektronik (e-learning) “Tamiang Pande” yang menjadi sebab Pemkab Aceh Tamiang kembali menerima nugerah Serambi Awards malam tadi. Aplikasi ini merupakan aplikasi pembelajaran secara elektronik pertama di Aceh. Inovasi kabupaten bergelar Bumi Muda Sedia ini pertama kali diluncurkan pada 6 Oktober 2020 silam, saat pagebluk Covid-19 mulai membatasi ruang gerak pembelajaran tatap muka di sekolah-sekolah yang ada.

Keadaan ini kemudian melahirkan inovasi sistem pembelajaran, yang dikerjakan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan bersama Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Kabupaten Aceh Tamiang. Bupati Mursil, saat peluncuran aplikasi “Tamiang Pande” memuji terobosan kekinian tersebut. ia meyakini, aplikasi tersebut akan mejawab permasalahan dan kendala yang dihadapi oleh orang tua, guru dan siswa dalam proses pembelajaran di sekolah ketika pandemi Covid-19 melanda.

Dijelaskan Bupati Mursil, dalam konteks dunia pendidikan formal di Kabupaten Aceh Tamiang, setidaknya kini ada dua inovasi daerah yang sudah dilahirkan.

Pertama, Program Konsultasi Belajar di Mesjid, yang kami luncurkan bersama Kepala Disdikbud ketika itu, alm. Pak Zulkarnain Putra. Kedua, aplikasi e-learning Tamiang Pande, yang diluncurkan pada 2020 yang lalu,” tambah Bupati lagi.

Anugerah Serambi Awards ini adalah yang kali kedua diterima oleh Pemkab Aceh Tamiang. pada tahun 2020, Bupati Mursil menerima anugerah Serambi Awards dengan kategori Kabupaten Pelaksana PSR, dan malam tadi, dengan kategori Penggagas Ide Kreatif Sistem Pembelajaran. Tampak hadir mendampingi Bupati, Ketua Komisi C DPRK, Irwan Effendi, Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian, Bastian dan Kabag Humas, Azwanil Fakhri.[]